Skip to main content
PERJALANAN YOGYAKARTA KE BOJONEGORO VIA KERETA API
Haloo gays… sudah lama banget tidak menceritakan pengalaman saya…kali ini saya mau share pengalaman perjalan saya dari jogja ke bojonegoro dengan menggunakan kereta api. Kenapa saya menggunakan perjalanan kereta api, kalau dari pengalaman pribadi menggunakan kereta api disamping cepat dan nyaman (perjalanan ini tanpa pindah kereta api).

Pelayanan kereta api dari beberapa bulan terakhir ini sudah mulai nyaman di hati konsumen dari segi fasilitas ekonomi bahkan sampai eksekutif, untuk fasilitas ekonomi sendiri sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC) tapi juga masih sebagian penumpang masih mengeluhkan hal ini karena kurang dingin atau problem yang lain.
Kali ini saya sharing perjalanan via kereta api dari stasiun tugu (Yogyakarta) ke stasiun Sumberrejo (Bojonegoro), perjalanan ini bisa menggunakan alternative jalur tengah ke utara atau melalui jalur selatan ke utara (melalui jalur shurcut surabaya gubeng – Surabaya pasar turi).

Jika anda menggunakan jalur tengah ke utara rinciannya seperti berikut :

Naik kereta api dari stasiun tugu ke stasiun purwokerto (kereta api joglokerto), tiba di stasiun purwokerto ganti kereta api dengan jurusan semarang (kereta api kamandaka), tiba di semarang ganti kereta dengan jurusan stasiun bojonegoro. Alternative perjalanan ini saya estimated harganya 350 an, mahal sekali to kalau kata orang jawa (luarang tenan kui, mending numpak bis).

Pilihan selanjutnya yaitu dengan menggunakan jalur tengah solo semarang, sayangnya kereta dari solo (stasiun purwosari) berangkatnya jam 05.03 AM kereta ini KA kali jaga. Lah yang dari jogjanya tidak ada untuk menuju stasiun purwosari jam 5 pagi, sebetulnya alternatif ini lumayan dekat di bandingkan dengan perjalanan ke Surabaya. Tiba di semarang langsung naik kereta menuju ke stasiun bojonegoro.

Jika anda menggunakan jalur selatan ke utara rinciannya seperti berikut (my trip) :

Anda bisa memesan tiket dari stasiun tugu dengan kereta api Mutiara Selatan berangkat dari stasiun tugu jam 01:32 AM tiba di Surabaya gubeng jam 06:55 AM


rute kereta mutiara selatan ini sampai stasiun malang. jadi berhenti di Surabaya gubeng lumayan lama estimated time 20 menit. Mungkin dari sahabat blogger bertanya kenapa pilih keretanya kok pagi2 banget ya mas… hehe. Karena saya ingin melanjutkan KA lokal (KRD Lokal Babat) jam berangkat dari Surabaya gubeng 10:03 AM, karena KA lokal tarifnya hanya Rp. 6000,- tiket KA KRD selalu cepat habis disamping banyak peminatnya juga murah meriah (pokoknya siapa cepat dia dapat lah) apalagi kalau hari besar/liburan wah jangan di bayangkan gan. tapi tiba di stasiun gubeng tiketnya terjual habis, tiket kereta ini hanya di pesan H-7 dan di pesan di stasiun tertentu.

Karena tiket kereta local habis maka saya putuskan untuk memesan tiket kereta api dari pasar turi ke stasiun Bojonegoro dengan tarif Rp. 60.000,
jam berangkatnya 01.00 PM.setelah itu saya naik gocar dari gubeng ke pasar turi
dengan tarif hanya Rp. 11000 saja, karena pembayaran dilakukan dengan cara go-pay (pas ada diskon). Tiba di stasiun pasar turi saya menunggu terlalu lama sambil ngobrol sama bapak2 yang mau pesen tiket KA.

Rencana saya turun di stasiun sumberrejo jika naik KRD lokal babat, tapi kereta ini terkenalnya KRD bojonegoro. Pas pada saat ini saya pulang ke bojonegoro tanggal 24 desember 2016 bertepatan dengan hari libur sekolah dan libur kerja. Tapi untuk kali ini saya tidak kebagian tempat duduk maupun tiket berdiri maka saya putuskan untuk beli tiket kereta api ambarawa ekspress dan turunnya tidak bisa di stasiun sumberrejo melainkan di stasiun bojonegoro, tiba di stasiun bojonegoro jam 1:30 PM.

PERJALANAN BOJONEGORO KE YOGYAKARTA VIA KERETA API

Dari sahabat blogger semua pasti ada yang pernah menggunakan transportasi kereta api dengan cara seperti yang saya terapkan, karena memilih nyamanya atau mungkin cepatnya. Tapi ada juga yang pilih moda transportasi lain baik kendaraan roda empat atau telolet (Bus Umum) bisa juga udara bahkan transportasi laut.

Tapi untuk kali saya menggunakan layanan kereta api dengan pelayanan sangat dekat di hati masyarakat, rute yang saya tempuh kali ini yaitu dari stasiun sumberrejo ke stasiun Surabaya gubeng dengan menaiki kereta api lokal babat.



Cara memesan tiket KA lokal babat (KRD bojonegoro), bisa di pesan H-7 sebelum keberangkatan untuk pemesanannya mulai tanggal 25 november 2016 hanya bisa di pesan di stasiun tertentu. Sayangnya juga sahabat blogger,,, tidak bisa di booking lewet pesawat telephone 121. Karena kasian juga jika ada penumpang jarak jauh yang ingin melanjutkan perjalanannya dengan KA lokal.



Harga tiket untuk perjalanan sampai ke Surabaya gubeng menghabiskan Rp 6000, jangan di Tanya gan situasi dalam kereta ini. Banyak anak kecil dan lalu lalang ibu-ibu yang kalau bicara tiada henti, jika anda menaiki kereta yang satu ini kurang nyaman (namanya juga murah meriah je ya… J)jadwal tiba di gubeng jam 04:07 PM

Setelah tiba di gubeng 

saya menunggu kereta sancaka sore denga jadwal 5:30 PM untuk melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta, gerbong kereta sancaka ini terdapat eksekutif dan ekonomi. Gerbong ekonomi dalam kereta ini lumayan bagus




Andaikan perjalanan kereta api langsung jogja bojonegoro enak gan tanpa harus pindah2 kereta, belum lagi kalau ada keterlambatan perjalanan kereta kan kalau kereta telat kita sudah pesan tiket hangus sudah. Tanpa ada dispensasi dari pihak PT kereta api, jadi ya pinter2 harus memilih jadwal kereta jangan terlalu mepet jika ingin melanjutkan perjalanan lagi, kasihlah jarak 1-2 jam begitu gan. Itulah pengalaman saya perjalanan dengan menggunakan moda transportasi kereta api dari jogja ke bojonegoro ataupun sebaliknya, ada hal-hal yang berkenan di hati sahabat blogger atau menceritakan sedikit bisa comment atau sekedar tanya juga boleh.

Berikut saya rinci total jumlah uang transportasi yang di keluarkan.
#PERJALANAN KE BOJONEGORO
Jogja – Surabaya gubeng Rp. 255.000 + transportasi gocar Rp. 11.000 + Surabaya pasar turi – bojonegoro Rp. 60.000, jadi totalnya Rp. 326.000
#PERJALANAN KE YOGYAKARTA
Sumberrejo – Surabaya Gubeng Rp. 6000 + Surabaya Gubeng – Tugu Rp. 160.000 jadi totalnya Rp. 166000


Sekian dari saya salam “cah ngereto”…
versi video juga bisa di tengok gan. tapi maaf gambar lumayan gerak2 jadi kurang enak di pandang klik disini

Comments

  1. hello.. saya akan ke jogjakarta melalui solo. bisa nanya bagaimana jadual keretapi di sana kerana saya dari malaysia. masih bingung kerana tak dapat cari di internet.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai prameks gan. atau via link aplikasi KAI download aja di playstore

      Delete
  2. alhamdulillah per 1 Des 2019 sdh ada kereta api Sancaka Utara relasi Surabaya Pasarturi Kutoarjo melewati jalur utara yaitu Lamongan, Babat, Bojonegoro, Cepu, Randublatung, Kradenan, Gambringan, Gundih, Salem, Solo, Klaten, Yogyakarta, Wates, dan Kutoarjo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan sekarang tidak perlu translate lagi dari surabaya, langsung bisa naik lebih cepat perjalanannya hanya 4 jam lebih beberapa menit saja.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENDAFTARAN SILAT TAUHID INDONESIA

KUTIPAN SINGKAT Ilmu beladiri sudah berdiri sejak lama di bumi tanah air Indonesia tercinta. Berbagai macam silat seperti ilmu tenaga luar sampai yang main pernafasan alias biasa orang sebut dengan tenaga dalam. Seperti SILAT TAUHID INDONESIA(STI) yang pusatnya ada di Yogyakarta Silat Tauhid mendalami ilmu tenaga luar dan tenaga dalam. Tapi passion nya lebih ke tenaga dalam, jurus-jurus STI menggunakan huruf hijaiyah dari tingkatan paling dasar (Iqro’) sampai tingkatan pendekar (Akbar) dari dasar sampai ke pendekar bisa di tempuh kurang lebih 3 - 4 tahun (jika latihanya rutin). LINTAS SEJARAH Dasar Keilmuan (Rahasia dzikir) dalam padepokan ilmu sujud tenaga dalam Silat Tauhid Indonesia berasal dari Rasullullah Muhammad S.A.W (Hadist Tabrani-Baihaqi) sampai ke Syayidina Ali – Syeikh Abdul Kadir Jaelani – Syeikh Ahmad Alfalatil Bauni. Sampai ke tangan Syeikh Maulana Makdum Ibrohim atau dikenal sebagai Sonan Bonang. Oleh Sunan Bonang jurus-jurusnya diciptakan beliau dari g

Perhitungan otomatis dengan JavaScript dengan checkbox

dibawah ini scriptnya : <html> <script type="text/javascript"> function tugas2() { var jumlah=0; var harga; if(document.getElementById("menu1").checked) { harga=document.getElementById("menu1").value; jumlah=jumlah+parseInt(harga); } if(document.getElementById("menu2").checked) { harga=document.getElementById("menu2").value; jumlah=jumlah+parseInt(harga); } if(document.getElementById("menu3").checked) { harga=document.getElementById("menu3").value; jumlah=jumlah+parseInt(harga); } document.getElementById("total").value=jumlah; } function inputan (){ var total; var bayar; var kembalian; total = document.getElementById("total").value; bayar = document.getElementById("bayar").value; kembalian = parseInt(bayar)-parseInt(total); document.getElementById("kembali").innerHTML=kembalian; } <